Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk website kita

Anda tentu pernah menjumpai alamat URL www.bukalapak.com, atau alamat tokopedia.com. Kalau pernah menjumpai disebut apakah nama alamat ini. Yah betul sekali. Alamat URL ini disebut sebagai domain.

Domain seperti mana pada umumnya merupakan nama unik dari sebuah website, maupun blog. Karena sifat domainnya yang unik. Maka nama domain ini tidak dapat digunakan secara kembar pada penamaan sebuah blog, atau website. Makanya sebisa mungkin kalian memilih nama domain yang tidak menyamai nama domain website lainya. Berikut beberapa pertimbangan yang harus ditempuh sebelum memilih domain.

Pakailah Nama Domain yang Sesuai dengan Nama Instansi, Maupun Brand yang Diusung.

Nama domain harus sesuai dengan nama instansi dan brand yang diusung. Misalnya usaha yang kalian usung menjual perlengkapan perkakas bangunan. Maka nama domain yang harus dipilih misalnya Indomaterialjaya.com.

Penamaan nama .com merujuk kepada nama komersial, atau domain yang menunjukkan badan usaha. Sedangkan penggalan kata teknika yaitu merujuk pada nama brand yang coba dijual.

Begitu pula dengan penamaan nama lembaga warlaba kedalam domain. Juga perlu menggunakan  nama domain yang sesuai dengan lembaga yang diusung. Misalnya saja bantuanhukum.co.id. Jika kalian membuka usaha sebagai pengacara. Jadi usahakan nama brand yang diusung sesuai dengan nama domainya pula.

Jangan Terpedaya Pakai Domain Gratisan,

Jika kalian ingin membuat website yang dikelola dengan serius untuk tujuan bisnis. Sebisa mungkin jangan menggunakan domain gratisan. Domain gratisan contohnya .TK, .Info, .GA, dan .ML.

Kenapa sangat tidak disarankan menggunakan domain gratisan ? Alasan logis mengapa sangat tidak disarankan pakai domain gratisan karena domain ini tidak populer digunakan oleh banyak orang. Domain tersebut juga biasanya tidak sepenuhnya gratis betulan.

Ya memang sih diawal pertama memakainya. kalian seolah-olah bisa mendapatkan domain ini secara cuma-cuma saja. Tapi setelah satu tahun berlalu. Akses kalian ke domain tersebut biasanya akan disuspend. Agar domain gratisan itu dapat hidup kembali. Pemberi domain gratisan tersebut biasanya akan memberikan sejumlah persyaratan yang berat misalnya di suruh membayar perpanjangan domain jutaan rupiah, sampai kadang disuruh beli tambahan berupa hosting. Pokoknya domain gratisan ini banyak hal yang terselubung deh.

Jangan Pakai Merek Dagang Lain yang Sudah di Patenkan Oleh Perusahaan. 

Kebanyakan para awamers di dunia blogging kadang kala pakai merek dagang orang lain untuk dijadikan nama sebuah domain. Misalnya saja kalian menggunakan twitterpedia.com.

Penggunaan nama domain seperti itu bukan tak mungkin kalian akan dituntut oleh pihak Twitter karena kalian mencatut namanya tanpa izin. Untuk pelanggaran nama domain nilai tuntutannya tak main-main bisa sampai di denda sebanyak 500 juta. Ngeri sekali kan, jadi sebisa mungkin hindari memakai nama domain yang beberapa katanya sudah dibuat merek.

Gunakanlah Ekstensi yang Sudah Populer Saja Seperti .Com, .Co.id, atau Ekstensi Populer Lainya.

Ketika kalian sudah terlintas nama domain yang akan dijadikan sebagai nama websitemu. Sebaiknya kalian pilih saja ekstensi yang sebelumnya sudah sangat populer seperti .Com, .Co.id, .Id .Org, maupun .Net. Pilihan paling direkomendasi yang pertama berekstensi .Com.

Alasannya karena ekstensi domain ini sangat populer segali digunakan oleh start up besar, maupun kecil. Jadi supaya orang-orang tidak bingung, pakailah saja ekstensi .Com. Dijamin namanya akan mudah diingat oleh pengunjung website, atau blog Anda.

Konsultasi perihal pemilihan domain untuk website anda yang di kerjakan oleh team TriangleDesign tentunya akan di bantu oleh staff kami dalam pemilihan nama domain yang tepat

Hubungi Kami Segera!

WhatsApp :

087-853130117