Tips untuk UMKM Merambah Mancanegara Dengan Website

Tak lagi sekedar sebagai sarana untuk berkomunikasi saja. Internet juga ternyata bisa juga digunakan sebagai sarana berjualan untuk mendapatkan pembeli yang potensial.

Dalam perkembangannya sektor usaha UMKM lewat online bahkan menjadi trendseter banyak pengusahawan. Apalagi menurut data dari Kominfo ada 132 juta orang diketahui aktif berselancar di dunia maya.

Jumlah sebanyak itu menunjukkan ada sejumlah 50 persen, atau separuh dari penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Angka sebanyak itu di prediksi akan semakin meningkat seiring dengan gencarnya penggunaan jaringan 4G secara meluas di Indonesia.

Nah bagi kalian yang berencana merambah bisnis UMKM supaya bisa sampai ke tingkat mancanegara. Strategi paling tokcer untuk mewujudkan tersebut yaitu melalui website.

Kenapa harus menggunakan website, tidak menggunakan cara-cara lain ? Penggunaan website ini lebih mudah untuk merambah pasar internasional karena kecepatan, dan tidak adanya regulasi khusus menjual barang secara online.

Coba bandingkan jika kalian melebarkan sayap usaha melalui pembukaan lapak secara offline di luar negeri. Tentu saja kalian akan dihadapkan dengan “seabreg” regulasi yang berkaitan dengan kewajiban mengurus surat izin pendirian usaha, kewajiban membayar pajak, kewajiban memenuhi syarat AMDAL, dan segala regulasi berat lain yang harus kalian tepati.

Karena untuk merambah bisnis ke mancanegara itu sulit jika dilakukan secara offline. Maka solusi paling jitu yaitu kalian harus membuat website online store. Namun sebelum membuat website online store yang bagus. Ada beberapa langka, dan tips berikut agar ekspansi bisnis UMKM kalian bisa sukses. Berikut langkah-langkahnya.

Buatlah Website Online Store Berbahasa Inggris.

Sasaran pembelinyakan orang bule ni ya. Maka website yang dibuat pula harus menggunakan bahasa bule, atau bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris ini gunanya supaya pembeli dari mancanegara tau produk apa saja yang dijual oleh kita.

Jika kalian tidak begitu ahli dengan gramatika bahasa Inggris. Kalian bisa menyewa jasa conten writer, atau penerjemah bahasa yang menguasaiĀ  teknik marketing. Perlu diperhatikan pula bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang lebih mudah cepat terindex di Googel. Makanya sangat penting sekali, membuat website online store yang konten isinya dibuat dengan menggunakan bahasa Inggris.

Ikutilah Forum-Forum Jual Beli Internasional.

Sebagai sarana dalam mencari link. Kita perlu sekali ikut aktif mensosialisasikan website online store yang dimiliki di forum-forum jual beli internasional. Misalnya aktif di Amazon, maupun aktif di forum jual beli JD.Id. Di forum-forum jual beli tersebut kalian bisa menaruh backlink menuju ke website online store yang telah kalian buat. Dijamin para pembeli dari luar negeri akan menyerbu lapak kalian.

Perhatikan Jalur Distribusi Barang, dan Permintaan Pasar.

Setiap negara memiliki distribusi barang dan permintaan barang yang sangat berbeda dasi negara satu dengan negara yang lain. Sebagai contoh negara Norwegia dan Jerman misalnya.

Kedua negara tersebut memiliki permintaan jenis ikan yang berbeda. Sebagaimana di ketahui negara Norwegia lebih banyak memiliki permintaan ikan Tuna lebih banyak dibandingkan dengan negara Jerman walaupun keduanya sama-sama pengonsumsi ikan.

Adanya fakta yang demikian harus menjadi perhatian bagi bagian marketing agar lebih memerhatikan pasar Norwegia dibanding pasar Jerman jika kalian memiliki usaha dibidang pengolahan ikan Tuna. Jika langkah-langkah ini diterapkan. Bukan tak mungkin jika usaha UMK yang kalian bangun akan merambah pasar mancanegara melalui website.

Ingin punya website ? Bingung mau bikin di mana ?Jangan kuatir percayakan jasa pembuatan website anda pada Triangle Design

Hubungi Kami Segera!

WhatsApp :

087-853130117